Senin, 31 Januari 2022

Sako SPN DIY Gelar Workshop Ecoprint Sebagai Wujud Cinta Lingkungan


Yogyakarta | Meningkatnya atensi masyarakat terhadap ecoprint mendorong Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) cabang Bantul bekerja sama dengan Omah Fatma Yogyakarta mengadakan workshop ecoprint dan merintis laboratorium ecoprint di Bumi Perkemahan dan Manasik Haji Dewaruci, Bantul pada Minggu (30/1/2022).

Sekretaris Asosiasi Eco-Printer Indonesia (AEPI) Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ira Fatmawati, menerangkan bahwa laboratorium ecoprint di Bumi Perkemahan dan Manasik Haji Dewaruci menjadi lab ecoprint kedua yang ada di Yogyakarta. Lab ecoprint pertama merupakan milik Omah Fatma yang mulai dirintis pada tahun 2019.

Ira Fatma, salah satu pemilik Omah Fatma menerangkan bahwa Bumi Perkemahan dan Manasik Haji Dewaruci memiliki tanah yang subur sehingga sangat cocok untuk menanam bermacam vegetasi. "Hal ini terjadi karena percampuran tanah dan pasir di Dewaruci yang didukung oleh keberadaan sumber air tawar berkualitas," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Cak Irfan berharap peserta dapat mempraktikan ilmu yang didapat.

Alek Rahnad, Sekretaris Sako SPN cabang Bantul menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti workshop ecoprint membentuk komunitas ecoprint Dewaruci sekaligus merawat laboratorium ecoprint yang baru saja dirintis.

“Produk usaha kreatif berbasis cinta lingkungan ini perlu dikembangkan oleh komunitas ecoprint yang akan dibentuk dalam acara workshop ini,” tambahnya. (Uyun/Rizal PM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar