Senin, 31 Januari 2022

Resmi Dilantik, Kwarda DIY Berharap Sako SPN DIY Kembali Menelurkan Langkah-langkah Strategis Terbaru


Yogyakarta - Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwartir Daerah DIY, Suraji Widarta, S.Pd., mewakili ketua Kwarda DIY telah melantik dan mengukuhkan Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) dan Pimpinan Satuan Komunitas Daerah (Pinsakoda) Sekawan Persada Nusantara (SPN) Daerah Istimewa Yogyakarta masa bakti 2021 – 2026 bertempat di Bumi Perkemahan Dewaruci Bantul, Sabtu (29/1/2022).

Kwarda DIY melantik 8 orang pengurus Mabida Sako SPN DIY yang diketuai oleh Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. dan 22 orang pengurus Pinsakoda SPN DIY yang diketuai oleh Sarjita, LMT. Sekretaris Mabida sako SPN DIY, H. Jiwantara, S.Pd., dalam sambutannya menerangkan bahwa gerakan pramuka siaga di gudep-gudep agar lebih digiatkan lagi. Pembinaan pramuka siaga ini bertujuan mencetak gerasi penerus yang mempunyai 6 thabi’at luhur yaitu jujur, amanah, mujhid muzhid, rukun, kompak, dan kerja sama yang baik.

Ka Kwarda DIY GKR Mangkubumi, melalui sambutannya yang dibacakan oleh Suraji dalam acara pelantikan, mengucapkan selamat kepada Mabida dan Pinsakoda DIY yang baru saja dilantik. Kwarda DIY mengharapkan langkah-langkah strategis dan kiprahnya dalam gerakan pramuka, dari pengurus yang baru saja dilantik.

“Tantangan generasi muda semakin hari semakin kompleks sehingga diperlukan peran serta gerakan pramuka DIY. Salah satu masalah yang kita hadapi adalah kurangnya kualitas dan kuantitas anggota dewasa, kurangnya keterlibatan pimpinan lembaga pendidik formal dan non formal di satuan pendidikan. Oleh itu, sudah saatnya kita merumuskan langkah-langkah untuk mengejar kemajuan dan mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Kesuksesan sako SPN dalam menyelenggarakan kegiatan pramuka di DIY telah diakui oleh banyak pihak. Keberadaan Sakoda SPN DIY sangat dinantikan fungsi, peran, dan kiprahnya dalam gerakan pramuka di DIY,” jelas Suraji dalam sambutannya.

Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarda DIY ini menjelaskan bahwa fokus gerakan pramuka saat ini adalah percepatan pencapaian pramuka garuda dan pramuka istimewa. Di setiap tingkat mulai dari kwartir cabang hingga gugus depan hendaknya dibuat data jumlah, kualitas, maupun kuantitas anggotanya dan dilaporkan. Pada tahun 2022 ini rencananya akan diadakan Jambore Nasional. Pihak Kwarda DIY berharap agar anggota pramuka dari Sakoda SPN DIY ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Kwartir Daerah bidang Binawasa Kwartir Daerah DIY Suraji Widarto, S.Pd., Mabida Sako SPN DIY, Pinsakoda SPN DIY, Kwarcab Bantul, Kwartir Ranting Sanden, dan Ketua Satuan Komunitas Cabang (Sakocab) SPN se-DIY. (Uyun/Rizal PM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar