Senin, 31 Januari 2022

Gelar Workshop Ecoprint, Sakocap SPN Bantul Berkolaborasi Dengan Omah Fatma


Yogyakarta | Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Cabang Bantul menggandeng Omah Fatma menggelar workshop ecoprint untuk anggota pramuka dewasa dan pembina pramuka se-Kabupaten Bantul, Minggu (30/1/2022).

Workshop yang diikuti oleh 50 peserta ini dibagi menjadi sesi teori dan sesi praktik. Sesi teori dilaksanakan malam hari bertempat di pangkalan Gugus Depan (Gudep) 18019-18020 Abu Bakar – Fatimah pada Sabtu (29/1/2022). Hari berikutnya dilanjutkan dengan sesi praktik bertempat di Bumi Perkemahan dan Manasik Haji Dewaruci pada Minggu (30/1/2022).

“Kegiatan workshop ecoprint untuk anggota pramuka dewasa dan pembina pramuka Sakocab Bantul menjadi salah satu langkah strategis dalam menjawab tantangan gerakan pramuka DIY yaitu kurangnya kualitas dan kuantitas anggota dewasa. Keterampilan kemandirian sangat dibutuhkan saat ini,” ujar ketua panitia workshop ecoprint, Alek Rahmad Hasyi, S.I.P. dalam pembukaan acara, Sabtu (29/1/2021).

Alek yang juga Wakil Ketua Sako SPN tingkat daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti workshop ecoprint membentuk komunitas ecoprint Dewaruci sekaligus merawat laboratorium ecoprint yang ada di dewaruci.

“Produk usaha kreatif berbasis cinta lingkungan ini perlu dikembangkan oleh komunitas ecoprint yang dibentuk dalam acara workshop,” tambahnya.

Saat sesi praktik, peserta diajarkan cara membuat ecoprint oleh 3 pembicara yang merupakan pemilik Omah Fatma yaitu Cak Irfan, Ira Fatmawati, dan Ertika Fatmawati. Pembuatan ecoprint diawali dengan merendam kain di air tawar selama 30 menit. Kain diperas lalu dibentangkan di atas plastik. Kain disemprot dengan air tawar lalu ditata daun di atasnya. Setelah itu, kain ditutup plastik dan dipres dengan penggiling agar daunnya menempel. Kain digulung lalu dikukus selama satu setengah jam. Terakhir, proses fixsasi atau mengikat warna kain lalu diangin-anginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar