Jumat, 27 Oktober 2023

Warga LDII Ikuti Pelatihan Kewirausahaan, Siap Kelola Manajemen Keuangan Yang Profesionalisme



Manokwari, 23-25 Oktober 2023 bertempat di Hotel Fujita Hotel Jalan Drs. Esau Sesa Manokwari Papua Barat, diselenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahawan bagi wirausaha baru tahun 2023.

Enos Aronggear Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat seperti dikutip dari ANTARA mengatakan kegiatan yang digagas oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat ini merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahunnya guna membina pengusaha-pengusaha baru se-Kota Manokwari.

Pelatihan bagi wirausaha tidak hanya tentang manajemen keuangan melainkan cara meningkatkan kualitas produk dan kontinuitas produksi, imbuh Enos Aronggear.

Peserta kegiatan sebanyak 80 orang peserta ini berasal dari kelompok wirausaha yang baru memulai usahanya dengan tujuan mendapat pembinaan tentang kewirausahaan diantaranya pelatihan akuntansi sederhana, pencatatan keuangan, pencatatan transaksi, buku harian kas, jurnal umum, jurnal khusus, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca lajur, perhitungan laba rugi dan arus kas.

Ariefuddin narasumber kegiatan ini yang berasal dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop) Dekopin Bandung Jawa Barat, memberikan materi dengan penuh humoris sehingga peserta semangat dalam mengikuti semua materi. Beberapa pesan beliau diantaranya kalau mau sukses harus bekerja lebih keras, buang jauh-jauh sifat pemalas dan setiap harì harus ada perubahan positif dalam diri.

Astrid Ramadhani salah satu warga LDII yang ikut diundang sebagai peserta kewiraushawan bersama warga lainnya diantaranya ibu Fitria Qur'ania, Nurin Hidayah dan bapak Eko Sampurno menyampaikan rasa sukur terima kasih yang luar biasa karena diberi kesempatan mengikuti pelatihan ini, berharap dalam pengelolaan manajemen pelatihan ini dapat mendukung sukses usaha mereka terutama dalam pelaporan dan pengelolaan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar