Selasa, 19 September 2023

Ini Pesan Satresnarkoba Polres Klaten Saat Menjadi Pembicara di Seminar Kepemudaan LDII



Klaten, 17 September 2023 - Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Klaten menggelar kegiatan Seminar Kepemudaan yang bertajuk "Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas Bagi Generasi Muda".

Seminar yang digelar di Aula Ponpes Almanshurin Jatinom ini diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan pelajar, santri, dan masyarakat umum serta perwakilan PC LDII. Bertindak selaku Narasumber seminar ini adalah Kaur Bin Ops Satresnarkoba Polres Klaten, Iptu Suyana, S.H.

Saat membuka Seminar, Ketua DPD LDII Klaten, Drs. H. Sarjono M.Tp., mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

"Kami berharap seminar ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya generasi muda, tentang bahaya narkoba dan pergaulan bebas," kata Drs. Sarjono.

"Saya sangat prihatin dan menyayangkan atas degradasi moral yang terjadi, imbasnya sampai kepada maraknya pergaulan bebas, miras, narkoba, sexs bebas, pelecehan sexsual dan tindak kejahatan lainnya." Sesal Drs. Sarjono

Dalam seminar tersebut, Iptu Suyana, S.H menyampaikan bahwa narkoba dan pergaulan bebas merupakan dua hal yang saling berkaitan. Narkoba dapat merusak moral dan mental generasi muda, sehingga mereka lebih mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

"Narkoba dapat membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Mereka akan melakukan hal-hal yang tidak terpikirkan sebelumnya, termasuk melakukan hubungan seksual secara bebas, makanya Saya ingin membuka wawasan kita semuanya terutama kepada generasi muda agar tidak dekat-dekat dengan Narkoba." kata Iptu Suyana, S.H

Iptu Suyana, S.H juga menyampaikan bahwa Remaja itu rasa penasarannya cukup tinggi dan suka coba-coba, baik akan narkoba maupun kepada hal-hal yang mengarah pada pergaulan bebas. Diketahui, pergaulan bebas sendiri dapat menjadi pintu masuk bagi seseorang untuk mengonsumsi narkoba. Ketika seseorang terjerumus ke dalam pergaulan bebas, mereka akan lebih mudah terpengaruh oleh ajakan teman-temannya untuk mengonsumsi narkoba.

"Ini bukan sekedar menakut-nakuti, tapi lebih kepada ajakan agar para orang tua dan generasi muda benar-benar jauh-jauh dari narkoba dan pergaulan bebas. Kita bisa saksikan sendiri bagaimana rusak dan hancurnya pengguna maupun pengedar narkoba, ada yang terjangkit HIV, dipenjara dan lain sebagainya" Jelas Iptu Suyana

Sementara itu, H. Rofiq Sulthoni, S.Kep, NS Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten menyampaikan bahwa kalau kita hanya sekedar menyajikan teori saja itu tidak cukup, akan tetapi para remaja atau generasi penerus harus diberikan contoh langsung dan nyata mengenai dampak buruk pergaulan bebas maupun penyalahgunaan narkoba. 

Dan atas terlaksananya Seminar ini, Camat Jatinom, Agus Sunyata, S.Sit,.MH mengapresiasi langkah pembinaan LDII Kabupaten Klaten terhadap generasi penerusnya dalam hal membentengi mereka dari degradasi moral. 

"Selain itu, Saya juga salut dengan prinsip LDII yang mengedepankan karakter Alim, berakhlakul karimah dan mandiri. Kami harap ke depannya generasi muda LDII ini bisa menjadi contoh yang baik serta bermanfaat bagi Agama nusa dan bangsa." Pungkas Agus Sunyata

Di akhir seminar, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Peserta seminar dan tamu undangan baik dari TNI, POLRI, SENKOM dan lain-lain tampak antusias mengikuti seminar tersebut.

Semoga seminar ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya generasi muda, dalam upaya memerangi narkoba dan pergaulan bebas. (Fauziyah, Asianto/Tony Lines Klaten. Foto Ubed. Editor: Rizal PM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar