Senin, 17 April 2023

Senkom Mitra Polri Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops. Ketupat Semeru 2023 di Mapolresta Sidoarjo



SIDOARJO – Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023, dengan tema “Mudik Aman Berkesan” wujud Sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah berlangsung di Lapangan Apel Mapolresta Sidoarjo, Senin pagi, 17/04/2023


Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, S.H., S.I.K. dan apel gelar pasukan ini diikuti dari beberapa unsur, yakni Polri, Kodim 0816, Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta beberapa stakeholder lainnya termasuk dari Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo.

Pelaksanaan apel gelar pasukan sendiri dilakukan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.  


Dalam rangkaian upacara apel, juga dilaksanakan penyematan pita tanda operasi pada perwakilan yang dilanjutkan dengan pemeriksaan Pasukan.

Operasi Ketupat 2023 ini berlangsung 12 hari dimulai Tanggal 18 April 2023 sampai 1 Mei 2024. 

Kapolresta Sidoarjo yang membacakan teks dalam arahan Amanat Kapolri mengatakan Apel Gelar Pengamanan Operasi Ketupat 2023 secara serentak dari tingkat Mabes Polri hingga ke satuan kewilayahan yang merupakan bentuk Pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.
Kegiatan ini merupakan wujud nyata Sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1444 H.
 
Kemenhub RI memperkirakan Potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada Tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada Tahun 2023 atau meningkat 44, 8%, Berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan Bahwa “Hati-hati tahun ada lompatan besar masyarakat yang mudik dari 86 juta ke 123 juta dari survei, artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen ini harus di hitung dan di kalkulasi dengan baik.
 
Melalui Operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023. Operasi ini telah di awali dengan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023 dan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023.
 
Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personil gabungan yang terdiri dari TNI – Polri Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Sat.Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Senkom Mitra Polri, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya dimana personil tersebut akan menempati 2.787 Pos yang terdiri dari 1857 Pos Pengamanan, 713 Pos Pelayanan dan 217 Pos terpadu.
 
Demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi seperti Kendaraan pengangkut BBM, Hantaran uang, hewan ternak, Pupuk dan Bapokting yang dilengkapi Surat Muatan yang di tempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri sehingga mempermudah pemeriksaan, apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi maka segera lakukan penindakan.
 
Terkait permasalahan Laka Lantas, optimalkan langkah preventif dengan menempatkan personil dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan Kecelakaan serta ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum di gunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas.
 
Berbagai pengaturan Operasi Ketupat 2023 harus di dukung oleh penguatan komunikasi publik , siapkan iklan layanan masyarakat pada seluruh Platform media sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudik dengan baik.
 
Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 sehingga kita dapat memastikan kelancaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik oleh karena itu terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu – Pertama, Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri kita bahwa melakukan Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah Kehormatan sekaligus ladang amal bagi kita semua.
– Kedua, Kedepankan langkah-langkah humanis terapkan Buddy System dan Pedomani SOP agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan “Presisi” sebagaimana harapan masyarakat.
– Ketiga, Pastika ketersediaan Perlengkapan Pribadi Sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu.
– Keempat, Langkah-langkah pada pam arus mudik juga diterapkan pada arus balik sehingga kita dapat mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga ke pulangan agar masyarakat dapat bertemu sanak saudara dan bisa dengan kembali dengan selamat.
– Kelima, Pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat, lakukan penguatan komunikasi publik, media Tv-Radio melibatkan Toga, Tomas, Influencer dan Public Figure.
– Keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait karena itu merupakan kunci keberhasilan operasi ketupat 2023.
 
Mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personil pengamanan yang terdiri dari unsur-unsur TNI – Polri Kementrian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Sat.Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Senkom Mitra Polri, Pramuka dan Mitra Kamtibmas maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukun operasi Ketupat 2023.
 
“Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan dan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1444 H” keada seluruh umat islam yang merayakan, semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci.(gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar