Jumat, 17 Maret 2023

Hadiri Rakor Pemkot Kediri, LDII Ajak Tingkatkan Keamanan Saat Bulan Ramadan


Kediri (17/3). Menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1444 H, Asyhari Eko Prayitno Wakil Sekretaris DPD LDII Kota Kediri menghadiri rapat koordinasi (Rakor) beserta Forkopimda dinas terkait dan organisasi keagamaan di Kota Kediri, di Ruang Joyoboyo, Pemkot Kediri, pada Kamis (16/5). 

Ahmad Jainudin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Kediri mengatakan bahwa rakor ini membahas kebijakan mengenai kegiatan selama Bulan Ramadan 1444 H di Kota Kediri.

"Sinkronisasi kebijakan dibutuhkan agar pelaksanaan Ramadan tahun ini dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar dari tahun sebelumnya. Toleransi juga harus kita jaga bersama, yang muslim maupun non muslim ayo jaga toleransi agar Kota Kediri selalu dalam keadaan kondusif," ungkapnya.

Dalam rakor, ia meminta masukan dan pendapat dari peserta untuk menanggapi Perwali 7 tahun 2019 yang menjadi, diharapkan ada penyesuaian dengan kebijakan kegiatan di Bulan Ramadan Tahun 1444 H. 

"Penggunaan pengeras suara di masjid mushala bisa dinyalakan sampai pukul 22.00 WIB dan setelahnya jika masih ada kegiatan tadarus bisa menggunakan speaker dalam ruangan agar tidak mengganggu tetangga yang beristirahat," ujarnya.

Ia menyebutkan tentang larangan petasan untuk ditindaklanjuti razia oleh Satpol PP dan pengaturan lalu lintas di titik kemacetan di Kota Kediri ditindaklanjuti oleh Polres Kediri Kota.

"Mengenai Zakat Fitrah, kita mengacu yang sudah disampaikan MUI, besarannya 2,7 Kg atau 1 sok. Adapun nominal rupiahnya sambil menunggu dari Kementerian Agama," jelasnya.

Wakil Sekretaris DPD LDII Kota Kediri, Asyhari mengatakan keamanan masyarakat saat beribadah di Bulan Ramadan juga harus diperhatikan, baik keamanan harta bendanya maupun keamanan di rumah ibadahnya.

"Momen Ramadan umat islam semangat beribadah di masjid dan mushala meninggalkan rumahnya, maka untuk keamanan dapat bekerja sama dengan RT RW setempat untuk menerapkan ronda malam di jam-jam tersebut secara bergantian. Upayakan saling mengawasi dan menjaga di lingkungan sekitar," ujarnya.

"Semoga di Bulan Ramadan tahun 1444 H ini Kota Kediri selalu dalam keadaan kondusif, sehingga masyarakat menjadi tenang untuk melaksanakan ibadah dan sukses mendapatkan pahala yang banyak," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar