Jumat, 30 Juni 2023

Warga LDII Memeriahkan Hari Raya Idul Adha di Halaman Masjid Khoirul Huda Desa Wonokupang



Balongbendo, Kamis, 29 Juni 2023 - Suasana khidmat dan penuh keceriaan terpancar di halaman Masjid Khoirul Huda Desa Wonokupang Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo saat warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) berkumpul untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H. Pagi itu, dengan semangat yang membara, puluhan warga sekitar Masjid Al Huda berbondong-bondong menuju tempat ibadah yang telah disiapkan oleh panitia. Tikar-tikar terbentang sepanjang halaman masjid, menciptakan ruang yang nyaman untuk melaksanakan ibadah.


Dengan hati yang khusuk, para jamaah memenuhi halaman masjid. Mereka berdiri berjajar, menyatu dalam keseragaman busana putih yang melambangkan kesucian dan kebersamaan. Sesaat kemudian, takbir berkumandang menggetarkan hati, menandakan dimulainya Sholat Idul Adha. Suara takbir yang menggelegar seakan menghentikan waktu, mengundang kerinduan dan khidmat dalam setiap tarikan nafas.

Pada tahun ini, Sholat Idul Adha dipimpin oleh Ustadz H. Abdul Salim, seorang penceramah yang dihormati di kalangan warga LDII. Dengan penuh hikmah dan kelembutan, beliau memimpin ibadah tersebut, mengajak jamaah untuk memperkuat ikatan iman dan semangat berbagi kasih dalam momentum yang suci ini. 

Setelah melaksanakan sholat, suasana masih dipenuhi dengan ketenangan dan khidmat. Tiba saatnya bagi Ustadz H. Pramono memberikan tausiah dan membacakan sambutan dari Ketua DPW LDII Jawa Timur. 


Dalam sambutannya, Ketua DPW LDII Jawa Timur menyampaikan "Kaum Muslimin dan Muslimat, Jamaah Shalat Idul Adha Yang Dimuliakan Allah. Di pagi hari yang penuh barokah ini, kita berkumpul untuk melaksanakan shalat Idul Adha. Baru saja kita laksanakan ruku’ dan sujud sebagai manifestasi ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Kita agungkan nama-Nya, kita gemakan takbir dan tahmid sebagai
pernyataan dan pengakuan atas keagungan Allah. 

Takbir yang kita ucapkan bukanlah sekedar gerak bibir tanpa arti. Tetapi merupakan pengakuan dalam hati, menyentuh dan menggetarkan relung-relung jiwa manusia yang beriman. Allah Maha Besar. Allah Maha
Agung. Tiada yang berhak dan wajib disembah kecuali Allah SWT.

Hadirin Jamaah Shalat Idul Adha Yang Dimuliakan Allah
Menyembelih hewan qurban itu, setidaknya, mengandung dua aspek, yaitu: Pertama, Aspek Ubudiyah (Peribadatan) yakni berbakti dan mendekatkan diri kepada Tuhan, sesuai dengan asal kata qurban itu berasal dari kata "Qoroba" yang artinya mendekatkan diri kepada Allah. Sebagai imbangan pendekatan itu, maka Allah dekat pula kepada
orang yang berqurban, dan Tuhan akan melipatgandakan pahalanya di akhirat kelak.

Kedua, Aspek Sosial Kemasyarakatan, karena dengan melakukan qurban dan membagikan daging sembelihan itu akan berkembanglah pendekatan sesama umat manusia. Kaum muslimin atau masyarakat yang sedang hidup dalam ketidakmampuan, kini mereka dapat merasakan kebahagiaan sebagaimana yang dirasakan oleh orang yang
mampu. Dengan jalan ini Insya Allah akan terciptalah ta’awun (saling tolong menolong) dalam masyarakat.


Dalam sejarah Islam, sebagaimana diterangkan dalam Al Qur'an, terdapat dua peristiwa dilakukannya ritual qurban yaitu : Oleh Habil dan Qabil putra Nabi Adam AS dan Oleh Nabi Ibrahim AS, saat itu beliau akan mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah SWT.
Oleh sebab itu, apabila kita diberikan rizki oleh Allah SWT, jangan lupa disisihkan untuk berqurban pada Hari Idul Adha, agar mendapat lipatan pahala di sisi Allah (surga) dan diselamatkan dari neraka Allah.

Semoga dengan ikhtiar kita lahir dan batin ini, Allah SWT segera memberikan pertolongannya dalam mengentaskan dari ujian dan cobaan yang sedang kita hadapi. Dan mudah-mudahan perayaan Idul Adha dan ibadah qurban kali ini mampu meneguhkan solidaritas sosial kita, demi kesejahteraan umat, bangsa dan negara.


Akhirnya, kami ucapkan selamat Hari Idul Adha 10 Dzulhijah 1444 H dan kami sampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan ini, dan semua pihak yang berkenan membantu pelaksanaan Sholat Idul Adha pada hari ini. 

Semoga Allah SWT selalu melimpahkan hidayah dan pertolongan-Nya kepada kita semua, dan selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat fiddini
waddunya wal akhiroh. Aamiin" Ucap Ustadz H.Pramono dalam membacakan sambutan dari Ketua DPW LDII Jawa Timur.


Perayaan Sholat Idul Adha ini tidak hanya menjadi momen keagamaan semata, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan kebersamaan bagi seluruh jamaah LDII. Mereka saling bertegur sapa, berbagi kebahagiaan, dan menguatkan tali persaudaraan yang terjalin di antara mereka. Semangat gotong royong dan kepedulian sosial terpancar dalam momen yang suci ini.

Dengan penuh syukur dan keikhlasan, warga LDII melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha di halaman Masjid Khoirul Huda Desa Wonokupang. Kebersamaan, ketenangan, dan semangat berbagi menjadi pilar utama dalam perayaan yang melambangkan pengorbanan Nabi Ibrahim AS ini. Semoga semangat ini terus terjaga dalam kehidupan sehari-hari, mewarnai setiap langkah dalam berbuat kebaikan dan menguatkan ikatan persaudaraan umat Muslim.(agusc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar