Senin, 20 Maret 2023

Remaja LDII Diharapkan Siap Jadi Duta Kejaksaan



WONOGIRI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri terbuka lebar bagi para santri maupun pelajar untuk menjadi Duta Kejaksaan.

Keberadaan duta tersebut diharapkan mampu menjadi corong Kejari Wonogiri dalam upaya mengurangi bahkan mencegah munculnya tidak pelanggaran hukum di tengah masyarakat khususnya kalangan anak muda  seusia pelajar atau siswa pondok. 

Demikian diungkapkan Kasi Intelijen Kejari Wonogiri Endang Darsono SH MH dan Kasi Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara) Suhardi SH saat memaparkan materi program Jaksa Masuk Pesantren (JMP) di Pondok Pesantren Al Barru Bulusulur Wonogiri, Senin (20/3/2023).

Kegiatan yang digelar  bersama Ponpes Al Barru Bulusulur, DPD LDII Kabupaten Wonogiri serta Kepala SMP/SMA Bina Insani Wonogiri diikuti sekitar 250 peserta dari unsur santri, pelajar dan pemuda LDII.

Ketua Yayasan Al Barru Wonogiri Joko Santoso menyebutkan, kegiatan JMP yang  merupakan hasil kerjasama antara Ponpes Al Barru dengan Kejari Wonogiri ini sudah yang kedua kalinya sejak 2021 lalu.

"Satu kehormatan bagi kami karena Kejari Wonogiri melalui program JMPnya, menjadikan anak didik kami teredukasi  masalah-masalah hukum maupun undang-undang  yang ada," ujarnya.

Disebutkan Kasi Intel Endang Darsono, ada tujuh pelanggaran hukum yang sering terjadi di tengah masyarakat sekarang. Diantarnya,  pelanggaran Lalin, pencurian, penyalahgunaan narkoba, bullying, pelecehan seks anak dibawah umur, terorisme serta perjudian online.


Di sisi lain, tim JMP mensosialisasikan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika.

"Peredaran narkoba sendiri saat ini sangat meresahkan dan perlu diwaspadai karena bentuknya bermacam-macam, termasuk pembeliannya secara online," kata dia.

Untuk menumbuhkan budaya gerakan anti korupsi, tim JMP Kejari memberi contoh sederhana. "Misalnya untuk melatih kejujuran anak,  sekolah maupun pesantren membuat kantin kejujuran.

Tidak perlu dijaga cukup disiapkan kotak tempat uang,  pembeli biar memilih barang sendiri dan membayar sendiri," demikian Suhardi sembari menambahkan di kantornya sudah ada kantin kejujuran.

Acara yang juga dihadiri Ketua LDII Wonogiri Sutoyo diakhiri dengan tanya jawab  serta penyerahan cinderamata dari Ketua Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Ust Agung Susanto SE dan Waket LDII Drs Jumino MM kepada tim pemateri JMP Kejari Wonogiri.-(Dsh)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar